Home » Serba-serbi » Al Quran Kuno Dinasti Mughal

Al Quran Kuno Dinasti Mughal

Tanda tangan di belakang kitab itu menunjuk pada nama Raja Aurangzeb, diduga sebagai pemilik Alquran ini, yang memerintah India tahun 1658 hingga 1707.

Sedianya, buntalan itu akan segera diselundupkan ke luar India. Tak ada catatan apapun dalam kemasannya. Hanya disebutkan, barang itu adalah peninggalan Kerajaan Mughal yang berjaya di India tahun 1600-an.

Untungnya, kepolisian Bangalore bertindak sigap. Hotel tempat transaksi digerebek. Barang yang sedianya akan dilepas dengan harga satu juta dolar AS itu ternyata adalah Alquran kuno. Dibingkau dengan sampul bersulam warna emas, Alquran tulisan tangan dengan huruf Arab Persia ini tebalnya 1.000 halaman.

Kepolisian Bengalore mengirimkan Alquran itu ke The Archaeological Survey of India (ASI) untuk dikaji lebih lanjut. Termasuk dalam penelitian arkeologi itu adalah untuk menentukan umur dan pada masa siapa Alquran ini dibuat.

Penyelidikan sementara menemukan, Alquran ini merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mughal. Tanda tangan di belakang kitab itu menunjuk pada nama Raja Aurangzeb – diduga sebagai pemilik Alquran ini – yang memerintah India tahun 1658 hingga 1707.

Menurut Habib Beary, koresponden BBC di Bangalore, Alquran seberat 13 kg ini sangat spesial. Selain masih terawat, juga berbau sangat harum.

Alquran itu juga lengkap 30 juz. Tiap juz ditulis dengan gaya kaligrafi yang berbeda.

 

(tri/muslimnews )
republika.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s