Home » Dunia Buku » Masa Depan Buku dan Dunia Perbukuan

Masa Depan Buku dan Dunia Perbukuan

Berbicara tentang prospek penerbitan buku 25 tahun ke depan, tentu saja sangat riskan. Faktor utama yang membuat risiko tersebut bukan perkembangan buku an sich, tetapi perkembangan di bidang lain yang sangat memengaruhi perkembangan buku itu sendiri, terutama perkembangan dalam dunia komputer digital yang mengubah seluruh konsep orang tentang buku.

Perkembangan komputasi digital, hanya dalam tempo kurang-lebih 25 tahun, mengubah konsep buku secara radikal. Buku menjadi paperless. Buku tanpa kertas sesuatu yang hampir tidak terbayangkan sebelumnya. Kalau dulu buku dan kertas seperti ikan dan air, adanya kepastian sebegitu rupa sehingga Pilatus mengatakan quod scripsi scripsi, apa yang sudah saya tulis tetap tertulis, kini ucapan itu mungkin tidak berlaku lagi. Apa yang saya tulis bisa saja diubah orang lain lagi karena setiap orang akan mengadakan intervensi dengan menambahkan nuansa, menambah titik, koma, kata, kalimat, komentar sehingga mengubah konsep pengarangnya. Buku-buku menjadi interaktif, penuh dialog. Akan tetapi, di sana selalu ada pertanyaan, apakah itu masih buku?

Apakah buku akan mati? Bukan itu soalnya. Buku tidak akan mati. Yang menjadi soal adalah buku atau penerbitan buku akan muncul dalam suatu kategori sangat selektif. Untuk ini saya mengutip Umberto Eco: “Buku tetap tak tergantikan, bukan saja untuk karya sastra, akan tetapi untuk keperluan apa saja ketika seorang perlu membaca lebih teliti, bukan saja untuk memeroleh informasi tetapi untuk berspekulasi secara teoretis dan membuat renungan tentang itu. Membaca layar komputer tidak sama dengan membaca buku.”

Daniel Dhakidae
Anggota Dewan Pakar Departemen Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia

(Baca selengkapnya di MATABACA Vol.5/No.7/Maret 2007)

One thought on “Masa Depan Buku dan Dunia Perbukuan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s