Home » Dunia Buku » Ukuran Buku

Ukuran Buku

Sanggupkah Anda menenteng buku berjudul Bhutan: A Visual Odyssey Across the Last Himalayan Kingdom? Jika sanggup, Anda memang orang hebat. Bayangkan, karya Michael Hawley ini berukuran 1,5 meter kali 2,1 meter–buku terbesar di dunia saat ini.

Bhutan memang bukan buku berukuran lazim. Ukuran yang umum dipakai, atau standar, adalah 12,5 x 18,5 cm dan 14,5 x 20,5 cm. Buku-buku yang berderet di rak terlihat rapi lantaran ukurannya standar. Ukuran standar ini kerap dipilih karena pertimbangan efisiensi pemakaian kertas.

Agar tidak banyak kertas terbuang ketika dipotong, setelah melewati proses penjilidan, ukuran buku disesuaikan dengan ukuran kertas yang tersedia di pasar. Misalnya, 25 x 38 inci, 20 x 25 inci, dan 18 x 23 inci. Ukuran buku adalah sepersekian ukuran kertas.

Bila kertas dilipat sekali (folio), maka setiap lembar kertas akan menghasilkan dua lembar “daun” atau empat halaman buku. Jika dilipat dua kali (kuarto), akan diperoleh empat lembar “daun” atau delapan halaman. Dan bila dilipat tiga kali didapat delapan lembar “daun” atau 16 halaman buku.

Ada pula buku yang ukurannya tidak lumrah. Biasanya buku seperti ini dirancang dengan sangat memperhatikan aspek desain biar tampil lebih menarik dan menyedot perhatian. Ada juga karena pertimbangan untuk mengejar penonjolan aspek tertentu, atau disesuaikan dengan karakter isi buku. Buku kumpulan foto, misalnya, biasanya mengambil format melebar ke samping dengan ukuran yang lebih panjang dibanding yang standar. Ini untuk memberi keleluasaan pada penataan foto.

Banyak buku berukuran lebih kecil dari yang standar. Contohnya buku yang memuat kata-kata mutiara, yang memungkinkan buku itu dimasukkan ke dalam tas tangan. Orang akan senang bila mendapat hadiah buku semacam ini. Pocket books juga berukuran relatif kecil. Apalagi bila kertasnya ringan, kertas koran umpamanya, pocket books bisa dibawa kemana-mana tanpa merepotkan.

esainer buku juga mempertimbangkan kemungkinan penempatan buku yang dirancangnya di toko buku. Jangan sampai ukurannya sangat tidak lazim dan kemudian merepotkan manajer toko. Alih-alih ia akan memberi tempat yang layak pada buku itu, melainkan justru menyimpannya di gudang.

 

Sumber: http://www.ruangbaca.com/ruangbaca

One thought on “Ukuran Buku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s