Home » Dunia Perpustakaan » Membangun perpustakaan masjid kampus

Membangun perpustakaan masjid kampus

Yang dibutuhkan untuk sebuah perpustakaan tentu saja ada buku dan ada ruangan tempat menyimpan buku tersebut. Untuk memperoleh keduanya, membutuhkan bantuan berbagai pihak. Terutama dan pertama mungkin dosen pembimbing atau penasehat dari lembaga dakwah kampus. Kita bisa mengajukan ijin penggunaan salah satu ruangan di masjid untuk menjadi perpustakaan masjid. Kalaupun koleksi kita belum banyak kita  bisa menggunakan ruang kesekretariatan dkm masjid. Kita bisa menyimpan beberapa lemari atau rak buku di dalamnya sebagai tempat sementara. Ini mungkin mencukupi karena pada awalnya mungkin jumlah koleksi buku juga masih minim.

Kemudian untuk pengadaan buku banyak pihak yang bisa kita mintai bantuannya. Pertama mungkin kita bisa meminta alokasi dari dana kegiatan dkm untuk melakukan pembelian buku. Kita juga bisa meminta bantuan dosen. Kita bisa meminta sumbangan dari mereka apakah dalam bentuk buku atau dana. Atau juga bisa mengajukan permohonan buku dalam bentuk pinjaman. Jadi koleksi mereka di pinjamkan terlebih dahulu di perpustakaan sampai perpustakaan memiliki koleksi sendiri. Ini bisa kita lakukan juga pada pengurus atau mahasiswa lainnya. Yang penting adalah kita bisa mempertanggung jawabkan koleksi pinjaman ini agar tidak hilang dan rusak.

Selain buku dan ruangan , komponen penting lainnya yaitu sumberdaya manusianya. Pengurus inti perpustakaan bisa di ambil dari penguru dkm masjid kampus. Untuk penjaganya bisa dilakukan perekrutan dari mahasiswa lainnya yang memiliki minat pada dunia perpustakaan.

Hal lain yang perlu di persiapkan adalah administrasi perpustakaan. Hal ini terkait dengan peraturan-peraturan yang akan di terapkan dalam mengelola perpustakaan. Baik itu bagi pengunjung maupun bagi penjaganya. Ini penting untuk menjaga keberlangsungan perpustakaan. Jangan sampai banyak buku hilang karena peraturan yang kurang tegas, atau jadwal buka perpustakaan yang tidak teratur karena peraturan yang tidak jelas bagi para penjaga.

One thought on “Membangun perpustakaan masjid kampus

  1. assalamualaikum.wr.wb
    saya salah satu pengurus perpus alhur mau nanya seperti apa gambaran perpus masjid dan bisa minta email perpus universitas lain g ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s