Home » Dunia Perpustakaan » Memperbanyak koleksi bahan pustaka

Memperbanyak koleksi bahan pustaka

Untuk perpustakaan masjid apalagi dikampus yang terbatas dana untuk pengadaan buku. Kita bisa meyiasatinya dengan beberapa cara. Misalnya melalui pembelian, melalui tukar menukar koleksi, melalui peminjaman dan memlailui permohonan sumbangan.

Untuk pembelian koleksi, sebaiknya adalah koleksi yang benar-benar penting dan di butuhkan. Karena kita memiliki kebebasan menentukan apa yang akan kita beli tetapi dananya cenderung terbatas. Kita bisa melakukan kerjasama dengan pemilik took buku. Kita bisa meminta diskon yang cukup. Sebagai gantinya kita meletakkan materi promosi seperti leaflet dari toko buku tersebut.

Pembelian buku juga bisa memanfaatkan momen-momen tertentu. Misalnya ketika diadakannya pameran buku atau book fair. Biasanya pada kegiatan seperti ini, harga buku bisa menjadi cukup murah. Untuk mengetahui info tentang pameran buku ini paling mudah menurut saya adalah melalui internet. Dengan bergabung dalam milis perbukuan, kita bisa memperoleh informasi sejenis ini.

Tukar menukar koleksi bisa dilakukan dengan perpustakaan lain. Misalnya kita memiliki satu buku yang jumlahnya lebih dari satu. Kalau kita meresa satu buku saja cukup, maka kita bisa menukarkan sisanya dengan buku lain. Kita bisa mencari perpustakaan lain yang membutuhkannya untuk di tukar dengan  buku lain. Atau ketika kita memiliki koleksi yang tidak berhubungan atau tidak kita butuhkan di perpustakaan, kita bisa menukarkannya dengan perpustakaan lain yang kira-kira tertarik dengan buku tersebut.

Peminjaman buku bisa minta dari berbagai pihak. Mislanya mahasiswa, dosen, atau perpustakaan lain. Sebagai awal, ketika belum memiliki koleksi cara ini mungkin patut di coba. Kita bisa mengajukan surat permohonan untuk meminjam koleksi buku mereka samapai nanti perpustakaan memiliki koleksi sendiri. Tapi kita harus benar-benar mempertanggung jawabkan koleksi pinjaman ini. Sebaiknya koleksi pinjaman ini tidak diperolehkan untuk di pinjam keluar dari perpustakaan agar tidak hilang atau rusak.

Cara lainnya yaitu melalui permintaan bantuan kepada para penerbit atau pihak terkait lainnya. Misalnya Kedubes negara Islam. Untuk itu kita bisa mengajukan proposal ataupun surat permohonan bantuan. Bisa juga mengadakan kerjasama dengan penerbit untuk melakukan kegiatan seperti bedah buku.

Untuk yang butuh contoh proposal dan surat pengadaan bahan pustaka bisa di download di sini

One thought on “Memperbanyak koleksi bahan pustaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s