Home » Tips » Tips membeli buku desain

Tips membeli buku desain

Kesal karena merasa “tertipu” setelah membeli sebuah buku? Mungkin itu bukan sepenuhnya salah si Penulis atau Penerbit, tapi mungkin karena Anda kurang teliti memilih buku yang Anda perlukan dengan Anda beli. Lalu bagaimana caranya memilih buku agar betul-betul sesuai dengan keinginan kita? Di toko buku, kita sering melihat beberapa buku membahas tentang software yang sama. Buku manakah yang Anda pilih?

Tebal Tipis
Mungkin sebagian Anda beranggapan, bahwa buku yang paling tebalah yang paling lengkap bahasannya. Biasanya buku yang lengkap (tebal) membahas dari mulai pengenalan dasar yang mendetail, mulai dari membahas menubar, pengenalan bidang kerja, fungsi peranti, dan lain-lain. Bagi para pemula, fasilitas diatas memang penting untuk diketahui, namun bila Anda yang telah mengetahui fungsi dasar dari software tersebut, biasanya bab 1 sampai 4 tidak terlalu bermanfaat.

Buku = Help
Bila Anda fasih dalam bahasa Inggris, saya lebih menyarankan Anda membaca terlebih dahulu menu help yang ada pada software tersebut, karena banyak buku yang menjadi terjemahan bebas dari help/tutorial yang disediakan bersama software yang didistribusikan. Namun bagi yang kurang pemahaman bahasa inggris, membeli buku akan dirasakan lebih bermanfaat. Karena, walaupun memiliki tujuan yang sama, teknik penjelasannya terkadang berbeda antara buku dengan help. Bisa jadi penjelasan yang ada dibuku lebih mudah dicerna oleh Anda.

Sinopsis
Beberapa buku yang diterbitkan oleh penerbit biasanya dilengkapi dengan sinopsis dan keterangan mengenai target pambaca pada bagian belakang buku tersebut. Sinopsis bersifat propaganda, jangan langsung percaya bahwa ia sebagai gambaran isi dari buku, beri perhatian lebih pada bahasan dari buku tersebut. Perhatikan pula target dari pembaca buku, Pemula, Menengah, atau Mahir. Untuk pemula, buku tersebut biasanya membahas dari hal-hal yang mendasar. Untuk menengah biasanya lebih mengulas tips dan trik, sedangkan untuk mahir lebih bersifat ke pengembangan. Jarang sekali buku desain Web yang ada di Indonesia membahas sampai pada tingkat mahir, dikarenakan target dari penulis hanya kepada penguasaan software, biasanya setelah mengerti penggunaan dasar, diharapkan pembaca dapat mengembangkan sendiri keterampilannya.

Sampul Buku
Di beberapa toko buku, terkadang buku-buku yang dijual di bungkus erat menggunakan plastik, tujuannya agar buku tetap terjaga rapi dan bersih. Namun bisa juga agar bungkusnya melindungi “isinya” agar tidak diobral, sebagai ujung tombak dipergunakanlah judul yang menarik dan sinopsis yang mengundang minat. Sebelum membeli buku, Anda dapat membuka sampul buku tersebut tapi minta-lah izin pada petugas toko buku terlebih dahulu. Anda dapat membaca sekilas melalui daftar isi, atau salah satu bab yang paling menarik menurut Anda. Pada buku-buku yang bersifat tutorial, cara penyampaian harus dapat lebih dimengerti oleh pembaca.

Bandingkan
Banyak buku-buku yang membahas mengenai software atau bahasan yang kurang lelbih sama, dengan membandingkan hal-hal diatas antara satu buku dengan yang lainnya, Anda dapat memilih sebuah buku yang tepat untuk Anda pelajari.

Pilihlah buku yang sesuai dengan keinginan kita agar Anda merasa tidak percuma, memilih buku yang tepat akan membantu Anda dalam berlajar dan memahami sesuatu.

(Pupung Budi Purnama)

http://designworld.master.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s