Home » Tips » Bikin Bookcraft, Yuk!

Bikin Bookcraft, Yuk!

Apaan, sih, bookcraft?
Tatkala memiliki waktu luang, banyak aktivitas yang dapat kita lakukan. Salah satu contohnya adalah dengan membuat bookcraft. Bookcraft adalah salah satu kerajinan tangan berbentuk buku yang dikemas semenarik mungkin. Sehingga kreasi seninya terasa indah dan menyenangkan khususnya bagi si pembuat
.

Siapapun bisa bikin bookcraft, lho!

Untuk membuat bookcraft, seseorang tidak harus berprofesi sebagai penulis, ilustrator, atau desainer buku. Semua orang dapat melakukannya. Sebab membuat bookcraft sangat mudah, disesuaikan dengan keterampilan dan selera masing-masing orang. Benar-benar sangat personal. Begitu pula dengan content bookcraft bisa sangat beragam. Sesuai minat atau apa yang ingin dituangkan oleh si pembuat dalam bookcraft.

Bahan dan alatnya apa saja?
Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bookcraft tidak terlalu sulit diperoleh. Kita dapat menggunakan kertas-kertas sisa, kain-kain perca, potongan kayu tripleks bekas, plastik mika dan bahan-bahan lainnya yang ada di sekitar kita. Begitu pula dengan alat-alat yang digunakan, sebagian besar tidak terlalu asing; gunting, cutter, penggaris, penghapus, lem kayu, spidol, pensi, pensil warna, cat air, cat poster, cat minyak, kuas, dan alat-alat lainnya. Desain dengan komputer juga dapat dilakukan. Keberagaman alat dan bahan membuat bookcraft lebih variatif
.

Jenis-jenis bookcraft bisa apa aja nih?
Dengan sedikit kreativitas, kita dapat membuat bookcraft dengan desain-desain unik. Tentunya yang sesuai dengan keinginan kita. Seperti buku yang biasa kita kenal, buku kartu, buku ular, buku pop up, kalender, buku bantal, dan lain-lain.

Koleksi bookcraft
Bookcraft dapat disimpan dan dikoleksi layaknya benda-benda seni lainnya, Bahkan kita pun dapat mengadakan pameran bookcraft untuk diperlihatkan kepada teman-teman terdekat atau khalayak umum.

Barter bareng teman, yuk!
Alangkah senangnya jika koleksi bookcraft kita dilengkapi dengan koleksi dari teman-teman. Maka kita bisa barter bookcraft dengan mereka.

Untuk hadiah, sangat menarik!
Jika ada teman atau anggota keluarga ulang tahun atau menikah, kita dapat memberikan hadiah berupa bookcraft.

Dijual juga sah-sah aja!
Jika suatu saat ada orang yang sangat tertarik dengan bookcraft yang kita buat dan ingin membelinya? Waah, mengapa tidak? Pasti hal itu terasa membanggakan bukan?

Catatan!
1. Pada saat membuat bookcraft kita bisa mengajak keluarga atau teman-teman dekat.
2. Kita pun dapat merencanakan bersama pembuatan bookcraft?
3. Selain itu, bookcraft dapat melatih kecerdasan emosional, bahasa, seni dan motorik otak kita.

http://natana77.multiply.com/journal/item/14

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s