Home » Dunia Perpustakaan » Agar perpustakaan lebih hidup

Agar perpustakaan lebih hidup

Ada tiga hal yang bisa kita lakukan untuk membangkitkan perpustakaan. pertama dari fisik perpustakaannya sendiri. kita harus berupaya menciptakan ruang perpustakaan yang nyaman untuk para pembaca. memeiliki sirkulasi udara yang baik, pencahayaan yang baik, keamanan yang baik akan barang pengunjun, kemudian hiasan ruangan yang menarik, kata-kata atao poster yang memotivasi.

Yang kedua adalah koleksi dari perpustakaannya sendiri. sekarang ini informasi keislaman berkembang pesat, buku-buku barupun sangat cepat keluar. untuk itu perlu aada upaya untuk menjaga kebaruan koleksi dari perpustakaan. ini akan menjadi daya tarik bagi pengunjung. koleksi harus bisa diperbarui secara rutin agar orang mau teruskeperpustakaan. selain itu koleksi dari ulama-ulama klasik yang mendasar bagi yang ingin mendalami islam juga harus disediakan misalnya tafsir, kitab hadits, siroh dan sebagainya.

Yang ketiga adalah kegiatan perpustakaan. kalau bisa perpustakaan tidak hanya menjadi tempat yang hanya menyediakan buku saja. harus juga melibatkan anggota dan penunjung secara aktif. misalnya mengadakan kegiatan seperti bedah buku atau lomba resensi buku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s