Home » Serba-serbi » Workshop “Cara menjadi Penulis Buku dan Menerbitkan Buku secara Profesional”

Workshop “Cara menjadi Penulis Buku dan Menerbitkan Buku secara Profesional”

Workshop “Cara menjadi Penulis Buku dan Menerbitkan Buku secara
Profesional”

Komunitas Writeaholic Jogjakarta
************ ********* ********* ***

Writeaholic adalah komunitas independen yang terdiri dari rekan-rekan
penulis, programmer komputer, penulis skenario film dan televisi yang
bermukim di kota Jogjakarta. Komunitas ini mempunyai banyak proyek
penulisan yang sudah diproduksi dan akan diterbitkan di tahun 2007.

Mencermati pertumbuhan minat remaja dan anak muda yang gandrung untuk
menulis dan menerbitkan buku, Writeaholic berniat mengadakan sebuah
workshop reguler yang Insya Allah akan dilaksanakan pertama kali pada
28 Januari 2007 dan akan menggunakan tempat di BLPT Jogjakarta.

Apa isi Workshop yang akan diselenggarakan? Komunitas Writeaholic
Jogja menerangkannya dalam Q&A dibawah ini :

Q : Apa isi Workshop yang ditawarkan?
A : Anda bermimpi menjadi penulis buku terkenal? ingin menulis novel
dan menjadi terkenal karena karya Anda? paling tidak workshop ini
akan membedah sebuah dunia penulisan buku profesional yang akan
memberikan anda rahasia-rahasia menjadi penulis sukses.

Q : apa manfaatnya bagi saya?
A : jika anda merasa bahwa dunia tulis menulis kelak/sudah menjadi
dunia anda, maka anda wajib mengikuti workshop ini. Apabila Anda
ingin membuat karya tulisan yang siap meledak dan diterima
masyarakat, anda wajib ikut. Apabila Anda bermimpi membuat karya buku
fiksi/non fiksi yang bakal diincar banyak penerbit, Anda wajib datang
dan ikut workshop ini.

Q : Batasan umurnya berapa tahun? Butuh background pendidikan untuk
ikut workshop ini?
A : Minimal anda saat ini duduk di kelas satu SMA dan maksimal anda
sudah sangat tua tetapi masih sanggup untuk mengetik sebuah naskah
buku.

Q : Saya ingin menulis novel, saya ingin menerbitkannya, bisakah saya
diberi petunjuk bagaimana caranya dan bagaimana saya mendapatkan
contact person penerbit yang tepat?

A: Workshop ini akan mengulas jalan rahasia menembus penerbit,
membuat karya yang unik dan bagaimana membuat Anda terkenal karena
karya Anda.

Q : Saya pernah menulis, bahkan menerbitkan buku. Apa saya wajib ikut
workshop ini?

A : Sebaiknya Anda tidak usah ikut workshop ini jika anda sudah
terkenal dan buku Anda meledak di pasaran. Kecuali, Anda ingin
menambah ilmu manajemen menulis buku yang unik, aplikatif dan
menyegarkan.

Q : Apa saja yang diberikan di workshop ini?

A: 1. Teknologi menulis buku fiksi dan non fiksi yang belum pernah
diajarkan dimanapun di Indonesia.
2. Tips dan Trik membuat karya yang bermutu, menarik, seru dan
menantang.
3. Tips dan trik menjadi penulis yang terkenal.
4. Teknik berkomunikasi dengan penerbit.

Q : Apa yang membedakan workshop ini dengan workshop sejenis yang
lain?

A: Workshop ini menggunakan manajemen PR Kepenulisan dan menggunakan
fasilitas software-software tools untuk membantu menulis dan
mengeluarkan ide.

Kapan?

Workshop “Cara menjadi Penulis Buku dan Menerbitkan Buku secara
Profesional” akan diselenggarakan

Waktu : 10 – 16.00
Tanggal : 28 Januari 2007
Tempat : BLPT Jogjakarta
Biaya pendaftaran : Rp. 100.000 per peserta
Fasilitas : Modul, makalah, CD, makan siang

Pembicara utama : Sony Set, penulis Buku “manusia tidak pernah
mendarat di bulan, grasindo”, “Menjadi penulis skenario Profesional,
Grasindo”, “Jangan takut, jadilah penulis skenario profesional,
Mizan”, sutradara, penulis skenario.

Contact Person
Adi 0813 929 820 71

[Cara Pendaftaran peserta :
Jika Anda berasal dari luar kota, silahkan menggunakan transfer BCA
ke rekening
Tri. Ani no rek 031 200 6128
Setelah itu anda konfirmasikan by SMS/CALL ke contact person kami di
atas.

Jika Anda berada di wilayah Jogja dan sekitarnya, Anda dapat membayar
Kas dan datang ke alamat kami di :

- Komunitas WriteAholic : Jl. menur 452 C Jeruk Legi Wonocatur
Jogjakarta

Pastikan Anda menjadi bagian dari Workshop ini, jangan sampai
ketinggalan.

Komunitas WriteAholic Jogjakarta

64 thoughts on “Workshop “Cara menjadi Penulis Buku dan Menerbitkan Buku secara Profesional”

  1. @saiful:
    wah… kalau masalah terbit-menerbitkan buku kita juga kurang paham mas…
    soalnya kita juga hanya menyampaikan informasi di atas, bukan anggota dari komunitasnya… mungkin bisa menghubungi

    Contact Person writeaholic
    Adi 0813 929 820 71

  2. buat mas adi salam kenal…!!
    Saya hanya ingin bertanya bagaimana agar novel-novel orang yang belum terkenal bisa diterbitkan? Karena diatas memang tidak dijelaskan. kan sayang jika ide-ide mereka yang berkualitas dan ceritanya menarik tidak bisa diterbitkan.
    Mungkin mas tahu sendiri bahwa film-film ataupun sinetron sekarang yang ada di Indonesia tidak memuaskan. Kebanyakan ceritanya tentang itu-itu saja dan berputar-putar.
    Mohon jawabanya….
    031 71 550 337

    sekali lagi terima kasih

  3. Hai.. salam kenal. semuanya
    Saya sangat berkeinginan menuliskan sebuah cerita novel!! Saya punya ide cerita yang menarik tapi belum tau bagaimana memulainya dan hal2 apa saja langkah2 pembuatannya sampai penerbitan!
    Thanks. I hpe u ca help me by mail.

  4. aq skul SMA , ortu ku mw bwt novel… bisa kah memberi tw gmana caranya biar aq bisa memberitahukan kepada ibuku..
    mohon jawabanya … melalui email..
    thanks..

  5. Situs pertemanan makin banyak bertebaran di internet. Dari sekian banyak nama, friendster, adalah satu nama yang paling populer. Sebab, dari situs ini, kita bisa banyak mendapat teman, dan bahkan mencari teman yang sudah lama tidak berhubungan dengan kita. Situs pertemanan, bagi sebagian orang memang telah menjadi semacam media yang sangat menyenangkan. Selain bertemu teman, berkenalan, hingga saling mengirimkan undangan pertemuan, menjadikan media ini bukan sebatas media maya belaka.

    Nah, bagi yang mempunyai hobi sama, situs pertemanan bisa jadi juga memberi kemudahan untuk saling bertukar informasi, Salah satu situs petemanan khusus satu hobi ini bisa ditemui di http://www.penulis-indonesia.com. Seperti namanya, situs pertemanan ini memang hendak mengumpulkan jaringan para penulis di seluruh Indonesia yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

    Menulis, belakangan memang menjadi sebuah fenomena yang makin berkembang di Indonesia. Makin banyak bermunculan penulis berbakat di tanah air yang tak hanya berbicara di tingkat lokal. Sebab, ada pula yang telah berhasil di ranah internasional. Hebatnya lagi, penulis di Indonesia itu sangat variatif usia pegiatnya, dari anak kecil hingga usia dewasa.

    Dengan situs pertemanan http://www.penulis-indonesia.com, para penulis ini hendak dikumpulkan dalam satu wadah pertemanan untuk saling dukung, saling dorong, saling bina, saling bantu, hingga suatu saat nanti, akan makin banyak penulis berkelas internasional di Indonesia. Tentunya, harapan ini bukan harapan kosong belaka. Sebab, hanya dengan kekuatan pertemanan dan relasi, kita bisa saling bantu menumbuhkembangkan dunia kepenulisan ini. Jadi, siap bergabung di http://www.penulis-indonesia.com?

  6. assalamu,alaikum
    saya mo tny,kmn aja kita bisa ngirimin hasil-hasil karya kita dalam bentuk cerpen-cerpen, baik lewat internet maupun pos.
    trims.
    wassalamu’alaikum

  7. saya ingin menjadi penulis novel tolong bantuin saya donk, bila kelak novel saya selesai apa2 saja yang harus saya lakukan untuk mensukseskan novel saya ini? tolong berikan kiat-kiat dan cara menulis novel yang baik.

  8. .. ass.. mau nanya
    keuntungan nulis buku apa sih? baik secara material maupun non materi ..
    aku pengen tips gimana caranya nulis novel biar meledakdi pasaran .. dan bagai mana cara saya terbitkan novel saya? apa ada yang bisa bantu ?
    wassalam ..

  9. assalamu’alaikum..

    mas, bisa nggak bantuin aku
    aku punya banyak cerita dan aku ingin jadi penulis
    tolong kasih saran dong lewat email
    terima kasih sebelumnya.

    wassalamu’alaikum

  10. hai…aq innda.aku punya rencana buat bikin sebuah novel bertema remaja. aku sdh menyelaesaikanya sebanyak 3 bab. dan insyaallah akan saya selesaikan secepat mungkin. saya perlu dukungan dari anda agar kiranya bersedia membimbing saya untuk dapat mewujudkan cita-cita saya menjadi seorang penulis. langkah apa sajayang perlu dan harusa saya lalui untuk dapat menerbiotkan novela saya ini?

  11. salam nusantara…………
    kalau ada workshop tolong dikabari via email…saya sangat berminat menjadi penulis….tapi aq mau dibimbing dari nOOOl……bantuin ya sob..

  12. Saya telah menulis sebuah novel remaja. saya ingin menerbitkannya. Bagaimana caranya.
    Hubungi saya di 03417064740

  13. Assalamualaikum…
    Wow…
    Berkesan sekali. saya baru saja membaca penjelasan workshop nya, yach.. ternyata telah lewat n dilaksanakan.
    mohon tips dan triok nya, bagaimana cara menerbitkan buku novel yang sudah banyak saya selesaikan. dan mohon berikan link penerbit buku di yogyakarta.
    terima kasih..

  14. saya sedang menulis sebuah novel, saya mau tanya kira-kira buat novel tu butuh waktu lama gak ya? soalnya saya uda tahun nulis tapi gak siap-siap juga

  15. Gw udh lama suka nulis. semua tulisan gw dh terkumpul rapi semenjak gw msh sekolah dulu. Gw pengen.,smua yg gw lakuin ada manfaatnya bagi orang laen.,untuk itu gw pgn jadiin tulisan gw dalam bentuk buku.,trus py cita2 tu buku bs d terbitin. Sahabat.,kasih tau gw gmn caranya biar gw bisa nerbitin smua tulisan gw itu donx…!!! ( By email). Thanx SAHABAT…..

  16. Aslm……
    ehm, gue lg nulis novel nich, n insya allah layak dibaca kok, cmn mslhnya bingun mo dikemanain ni tulisan….em, mungkin da yang bisa bantu….gue pengenya diterbitin, tp gmn caranya aq blom tau ni..
    thnx yach..bls by email yach

  17. saya sangat tertarik ingin dapat menjadi penulis yang mampu menulis buku-buku yang berkualitas. terutama buku-buku motivasi agar dapat menjadikan pemuda menjadi lebih bergairah untuk bersaing. harap bimbing saya melalui e-mail.

  18. Ass..
    Aku ingin banget jadi penulis novcel terkenal. Harap bimbingannya. kirim jawabannya ke Email Aku ya.. (Riyasani_97_249@yahoo.com)
    Terimakasih…

  19. saat ini saya sedang membuat novel ama cerpen. dan bentar lagi mau selesai. saya kepengen buku saya ini bisa diterbitin. cara pertamanya gimana ya?

  20. saya sudah menyelesaikan menulis sebuah buku novel. sudah saya kirimkan ke penerbit dan bersedia untuk diterbitkan. sudah mendekati 4 bulan, tetapi belum ada jawaban kepastian kapan diterbitkan. padahal katanya ISBN sudah ada dan revisi juga sudah dilakukan. sayapun sdh menandatangani surat perjanjian. bagaimana ya sebaiknya langkah saya….?

  21. ASS.AKU ngerasa yakin sama dunia tulis menulis apalgi cerita novel atau sejenis tp klo aku dah memulai tuk menulis terkadang rasa bingung dan bimbang menghamipiri.

    bagaimana cara mengatasinya agar tetap semangat menulis?

  22. gue pengen banget punya kesempatan untuk menjadi seorang penulis dan gue pengen banget hasil karya tulis gue bisa dikenal sebagai karya tulis yang dibuat secara natural dan memang dialami pada kejadian nyata

    gue gg maw bermimpi tapi gue bakal kejar tok ngedapetihn kesemtan itu

  23. sy nk cgt jdi pnulis…sy skang tga uat novel,juz ske2..sy jge nk cgt trbitkn novel sy..tp x tau cm ne..can u all help me??

  24. Cara nerbittin buku dr e-mail gimana? aku udah nulis 3 novel
    1. Judul :MY FRIENDS MY LOVE ( gokil and kocak )
    2. MARWAH DAN SYIFA ( islamiÇ )
    3. MY LOVE MY SHOES ( mengharu biru, dijamin nangiS )
    Ada yg tertarik
    Hubungi 085289588908

  25. gue juga lagi mengejar mimpi……suatu hari saya bener2 memiliki eksistansi sebagai penulis fiksi produktif dan bermanfaat bagi orang lain, tentunya dengan tulisan saya.AMIN

  26. ass,,
    mas sy ingin jadi seorang penulis novel maupun cerpen,,tapi saya belum paham gmna trik pembuatan novel itu,,kadang ide yang saya mau jadiin sebuah cerpen sy tuangkan dalam sebuah coretan,tapi saya berhenti begitu saja,karena say bingung ap yang mesti sy lakukan selanjutnya,,,tolong sarannya ya,,,krena sy sangat mengingikan menjadi seorang penulis…
    tolonng bbantuannya mas ya

  27. ass,saya pengen bgt jadi seorang penulis novel,tapi sy blum terlalu paham trik penentuan judul/tema novel yg menarik pembaca.Aku jg pengen tau cara nya nawarin karya kita ke penerbit.Tolong sarannya ya…soalnya saya sgt berminat didunia sastra lwt FB aku aja sriwildana@yahoo.com

  28. aQ ingn jd penulis, tp aq tdk tw gmn cara’a….
    aQ juga hobi menulis n’ membaca, trkdng jka aq bkin cerpen tmn” Q xlalu mngtakan bgus n’ cocok d bwt novel. aQ hrz ulai dari lngkh mana dulu utk mnjdi pnls ???

  29. gua pengen nerbitin novel gua, yang ceritanya pengalaman pribadi gua sendiri..
    tapi gua bingung cara buat nerbitinnya ??
    Apa butuh modal banyak yaaa buat nerbitin novel doang..!

    Tolong bales aja ke FB gua..
    Ayu.Silvia58@gmail.com

    Tolong banget yaaaaa..!
    Makasih :)

  30. w mau bikin novel doang tentang kehisupan manusia sehari”
    tapi di angkat dari kisa nyata pasti menarik
    w mau tanya giman saya membuat nya
    dan tolong bantu saya terimakasi

  31. mau tanya nih gimana sih cara nerbitin novel.udah banyak yg aku buat tapi belum ada satu pun yang aku cb terbitiin. tolong jawab ya ke email aku.makasih

  32. Pingback: tips komputer

Leave a Reply

